Site Loader

Setelah beberapa bulan di rumah saja, pastinya ingin sekali berlibur untuk merefresh tubuh. Apalagi para pendaki yang biasanya setiap bulan sudah mencapai beberapa puncak gunung, namun karena adanya pandemic corona ini membuat mereka harus menahan hobinya itu.

Saat ini sudah mulai di buka jalur pendakian di beberapa gunung. Akan tetapi pastinya ada protokol keselamatan dan kesehatan tertentu yang harus dilakukan. Karena masih dalam kondisi pandemi corona, meskipun sudah new normal di beberapa wilayah Indonesia.

Berikut ini untuk anda para pendaki yang hendak menadaki, harus perhatikan beberapa poin berikut ini :

  • Cek Kondisi Kesehatan

Hal pertama yang wajib diketahui dan dilakukan yaitu memastikan kondisi tubuh anda sedang dalam kondisi yang sehat. Periksakan ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. Akan lebih baik jika melakukan rapid test.

  • Perginya Sendiri Atau Kelompok

Untuk menghindari adanya penularan virus corona ini, sebaiknya perhatikan siapa saja yang akan mendaki sendiri atau kelompok. Karena pada dasarnya akitivitas mendaki termasuk dalam kategori penularan infeksi kategori sedang.

Hal ini dilihat dari beberapa aktivitas yang biasanya dilakukan saat mendaki, seperti menggunakan fasilitas umum secara bersamaan, diantaranya toilet, kursi, meja, alat makan, dll.

Oleh sebab itu sebaiknya jika ingin mendaki secara berkelompok usahakan masih dalam satu rumah atau menetap dalam zona yang sama. Satu kelompok sebaiknya maksimal terdiri dari lima orang. Karena jika lebih dari itu resiko untuk penularan virus ini akan tinggi.

  • Masker dan  Hand Sanitizer

Penggunaan masker masih tetap dianjurkan ketika mendaki. Akan tetapi jika nafas mulai engap atau ter engah-engah, sebaiknya turunkan masker dan lakukan jaga jarak terhadap orang lain. Jangan sampai kesulitan nafas karena memakai masker bisa menimbulkan resiko yang berbahaya. Dan gunakan hand sanitizer agar mengurangi resiko penularan virus. Selain itu bawalah masker cadangan, jangan hanya satu.

  • Physical Distancing

Menjaga jarak selama proses pendakian masih perlu untuk diterapkan. Terutama jika nafas kalian mulai ter engah-engah dan menurunkan masker, sebaiknya langsung lakukan physical distancing. Beri jarak 1-2 meter dengan teman di depan atau di belakang.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mendaki ataupun saat mendaki. Tetap selalu jaga kesehatan dan keselamatan. Selamat mendaki untuk para pecinta alam…

Willie Terry