Site Loader

Berwisata alam merupakan salah satu cara untuk merefresh tubuh, apalagi kondisi sekerang ini setelah beberapa bulan di rumah saja. Salah satu wisata alam yang bisa anda kunjungi yaitu Wisata Gunung Kidul. Banyak sekali lokasi-lokasi wisata yang ada di daerah Gunung Kidul Yogyakarta.

Disana anda bisa menikmati pantai dan juga pegunungan. Pemandangan sunrise dan sunset bisa dinikmati dengan indah. Berikut ini beberapa wisata alam yang ada di Gunung Kidul Yogyakarta :

  • Bukit Kosakora Gunung Kidul

Kosakora merupakan salah satu bukit yang tidak terlalu tinggi hanya sekitar 50 M dari permukaan air laut. Sehingga tidak perlu menghabiskan banyak tenaga untuk bisa naik ke atas bukit. Di bukit ini kita akan disajikan pemandangan laut lepas di depan mata. Saat pagi hari kita bisa menikmati matahari terbit atau sunrise dan sunset di sore harinya. Paling enak untuk berkunjung kesana yaitu di sore hari menjelang matahri terbenam.

  • Air Terjun Si Gethuk

Selain bukit ada juga wisat air terjun yang ada di daerah Gunung Kidul yaitu Air Terjun Si Gethuk. Air terjun ini baru di kenal oleh banyak masyarakat sejak tahun 2010an. Sampai saat ini berbagai macam fasilitas sudah disediakan untuk keperluan wisatawan, termasuk pelampung. Jadi, jika kalian yang tidak bisa berenang namun ingin menikmati segarnya air terjun bisa menggunakan pelampung.  

  • Goa Pindul

Salah satu wisata goa yang ada di daerah Gunung Kidul yaitu Goa Pindul. Goa pindul ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarkat. Di situ kita bisa menelusuri goa yang ada air di dalamnya menggunakan pelampung.

  • Pantai Indrayanti

Di daerah Gunung Kidul juga banyak wisata pantai, salah satunya yaitu Indrayanti. Pantai Indrayanti ini di kenal dengan keindahan dan keromantisan. Keindahan tersebut membuat pantai ini tersohor dan sudah banyak di kenal oleh masyarakat baik lokal maupun wisatawan. Pasir putih yang bersih serta birunya air laut membuat mata menjadi segar ketika melihatnya.

  • Pantai Siun

Selanjutnya ada Pantai Siung yang juga sudah di kenal oleh banyak orang. Lokasinya yang mudah untuk dijangkau sehingga banyak wisatawan yang berkunjung kesana. Di sana kita disajikan oleh pembandangn laut luas dengan pasir putih membuat keindahan pantai tersebut memanjakan mata. Di pantai ini cukup sekali di jaga kebersihannya sehingga kita sebagai pengunjung harus juga menjaga kebersihannya.

  • Pantai Timang Gunung Kidul

Memang banyak sekali wisata pantai di Gunung Kidul ini, berikutnya ada Pantai Timang Gunung Kidul. Untuk menuju ke pantai ini memang memerlukan medan yang cukup exstrim, karen lokasinya berada agak jauh dari daratan sehingga harus menyebrangi sedikit lautan menggunakan peralatan yang sudah disediakan. Kondisi ini membuat pengunjung pantai ini tidak sebanyak lokasi lainnya.

  • Embung Batara Sriten

Ini merupakan salah sau wisata yang belum lama diluncurkan yaitu Embung Batara Sriten. Tempat wisata ini berlokasikan di Padukuhan Sriten Desa Pilangrejo Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunung Kidul. Pemandangan yang eksotis dan sangat indah tidak membuat para wisatawan kecewa ketika berkunjung ke sana.

  • Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan merupakan salah watu wisata panatai di Gunung Kidul yang menyajikan keindahan pemandangan laut dan dan beragam gugusan batu karang. Di pantai ini membentuk sebuah teluk yang dikelilingi gugusan karang tersebut. Hamparan pasir putih dan obak yang besar menerpa dinding karang menambah keindahan pantai.

  • Bukit Sarangan Gunung Kidul

Bukit ini berada di kawasan Pantai Krakal dan Pantai Sarangan. Salah satu bukit yang terbesar diantaranya bukit lainnya. Di situ terdapat sebuah goa menghadap ke laut lepas yang biasanya menjadi sarang burung-burung wallet. Di puncak bukit ini kita bisa melihat sunrise dan sunset yang indah serta hamparan laut luas yang mempercantik pemandangan.

Itulah beberapa lokasi wisata alam yang ada di daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Sebernya masih banyak sekali lokasi-lokasi wisata lain yang belum di sebutkan. Berwisata ke daerah Gunung Kidul memang cukup rekomended untuk menikmati keindahan alam Indonesia.

Willie Terry