Site Loader

Setelah beberapa lama tidak erupsi, kemarin tanggal 10 Agustus 2020 pukul 10.16 WIB Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali erupsi. Erupsi kali ini mencapai ketinggian kurang lebih 5000 meter di atas puncak Gunung Sinabung. Berdasarkan pantauan dari Pos Pengamatan Gunung Sinabung Badan Geologi dan PVMBG saat itu abu terlihat berwarna kelabu dengan intensitas tebal yang condong ke arah timur dan tenggara.

Pada saat itu status gunung berubah menjadi siaga atau tingkat III. Sehingga masyarakat dan wisatawan dilarang melakukan aktivitas di beberapa desa yang sudah direlokasi. Selain itu warga juga harus menjauh lebih dari radius 3 km dari puncak gunung Sinabung.

Menurut Laporan dari Badan Geologi, Kementrian ESDM yaitu Magma Indonesia menunjukan letusan Gunung Sinabung yang tercatat dalam seismografi menjacapai amplitude maksimum 120 mm dan durasi selama 1.785 detik.

Selang satu jam, ternyata terjadi letusan yang kedua pada pukul 11.17 WIB. Dalam rekaman seismografi erupsi kali ini mencapai amplitudo maksimum 120 mm dengan durasi 2.246 detik. Sehingga pada hari itu, Gunung Sinabung mengeluarkan erupsi sebanyak dua kali.

Dan ternyata selama 3 hari terakhir ini, Gunung Sinabung sudah bererupsi sebanyak 4 kali, dua kali tanggal 10 Agustus dan sebelumnya 8 Agustus. Letusan ini berdampak hujan abu di beberapa kecamatan kabupaten Karo yaitu Naman Teran, Berastagi, dan Merdeka. Ketiga wilayah tersebut megalami hujan abu vulkanik cukup tebal pada hari Senin, 10 Agustus 2020.

Selain itu guyuran hujan abu vulkanik juga sampai di beberapa wilayah luar kabupaten Karo, diantaranya Tebing Tinggi, Langkat, Sei Bingai, dan Suranta Sitepu. Hujan abu ini menyebabkan jarak pandang di jalan raya terbatas. Sehingga pemerintahan setempat menghimbau para warga untuk tetap di rumah. Jika keluar rumah menggunakan masker.

Selain itu himbauan juga untuk para masyarakat yang tinggal dekat dengan sungai-sungai untuk merwaspadai bahaya lahar. Sampai saat ini status Gunung Sinabung pada tingkat III atau Siaga. Tetap jaga kesehatan dan keselamatan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Willie Terry