Site Loader

Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak gunung dan juga pengunungan. Oleh karena itu, tidak heran jika sebagian masyarakat Indonesia mempunyai hobi mendaki gunung. Selain bisa melihat pemandangan yang indah dari puncak gunung, mendaki juga memberikan berbagai macam pengalaman yang tidak bisa dilupakan. Di Pulau Jawa ada banyak sekali gunung yang bisa didaki dan menyediakan pemandangan alam yang sangat cantik. Bahkan gunung-gunung tersebut masuk ke dalam gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa. Berikut ini adalah daftar 5 gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa.

  • Gunung Semeru

Gunung yang berlokasi di Jawa Timur ini berada pada ketinggian 3.676 mdpl dan menjadi bagian dari daerah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Selain menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru juga masuk ke daftar gunung tertinggi nomor tiga di Indonesia. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak pendaki yang tertarik untuk menaklukan puncak Semeru. Akan tetapi, perlu diketahui jika Semeru ini termasuk gunung berapi aktif sehingga sewaktu-waktu dapat mengalami erupsi. Jadi, bagi Anda yang ingin mendaki Gunung Semeru, pastikan jika pada saat itu gunung dalam status aman untuk didaki.

  • Gunung Slamet

Gunung Slamet terletak di Jawa Tengah. Lebih tepatnya berada di antara beberapa kabupaten, yakni Banyumas, Purbalingga, Brebes, Pemalang, dan Tegal. Gunung Slamet termasuk ke dalam gunung tertinggi kedua yang ada di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.428 mdpl. Sudah ada ribuan pendaki yang berhasil sampai di puncak Slamet. Gunung Slamet menjadi primadona bagi para pendaki dikarenakan medannya yang terkenal sulit hingga semakin menantang adrenalin mereka. Jadi, tidak heran jika Gunung Slamet masuk ke dalam gunung yang harus didaki.

  • Gunung Sumbing

Gunung tertinggi di Pulau Jawa urutan ketiga adalah Gunung Sumbing. Gunung ini berada di ketinggian 3.371 mdpl. Gunung Sumbing berada di perbatasan tiga kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang, Wonosobo, dan juga Temanggung. Gunung Sumbing ini seakan membentuk suatu bentang alam gunung kembar apabila dilihat dari Kabupaten Temanggung. Saat ini status Gunung Sumbing masih aktif. Oleh karena itu, pastikan jika Anda sudah mencari tahu status Gunung Sumbing sebelum melakukan pendakian.

  • Gunung Arjuno

Gunung Arjuno menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa keempat dan merupakan gunung api strato dengan ketinggian mencapai 3.339 mdpl. Gunung ini merupakan gunung yang ada di naungan Taman Nasional Raden Soerjo. Gunung Arjuno mempunyai tiga titik tempat pendakian yang bisa dipilih olehh para pendaki. Tidak hanya menjadi referensi pendakian bagi orang-orang pecinta alam, Gunung Arjuno juga mempunyai beberapa objek wisata alam yang bisa kunjungi. Jadi, Gunung Arjuno ini tidak hanya untuk didaki saja, tetapi juga dibuka sebagai objek wisata.

  • Gunung Raung

Gunung Raung berada di ketinggian 3.332 mdpl dan di dalamnya terdapat kawasan hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Ericaceous, Hutan Montane, dan Hutan Dipterokarp Atas. Ada dua titik pendakian untuk menuju puncak Gunung Raung, yakni Jalur Waringin dan juga Jalur Kalibaru. Anda dapat menentukan jalur mana yang lebih dekat dan medannya lebih mudah menurut Anda. Dengan begitu, proses pendakian akan menjadi lebih mudah.

Itulah tadi penjelasan mengenai 5 gunung tertinggi di Pulau Jawa yang bisa menjadi referensi gunung yang ingin Anda daki selanjutnya. Menaklukan puncak tertinggi sebuah gunung tentu menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Willie Terry